Tolangga Raksasa Warnai Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Kamis, 21 Desember 2017 jdih General 84 Views
Tolangga Raksasa Warnai Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Desa Ilopunu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, yang akan dilaksanakan Sabtu (9/12) dipastikan bakal meriah, dengan hadirnya Tolangga raksasa berbentuk menara setinggi 17 meter. Tolangga raksasa yang dibuat oleh warga ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Pantauan Hargo.co.id, sehari menjelang pelaksanaan tradisi memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, sejumlah warga Dusun Perintis, Desa Iloponu begitu antusias menyelesaikan pembangunan Tolangga dan menghiasinya dengan kue khas Gorontalo yang nantinya akan disajikan pada puncak perayaan hikamh Maulud Nabi.

Menurut pengakuan warga, perayaan Maulud Nabi untuk tahun ini, sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kali ini warga dengan suka rela membangun Tolangga raksasa berbentuk menara dengan ketinggian mencapai 17 meter. Diatas menara inilah nantinya akan dihiasi dengan berbagai macam jenis kue, terutama kue kolombengi, sehingga warga menyebutnya dengan menara kolombengi. Dan hal ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung.

Ishak, salah satu warga kepada wartawan menjelaskan bangunan Tolangga raksasa ini sudah direncanakan jauh-jauh hari, dan merupakan partisipasi murni dari masyarakat, Tolangga ini sengaja di buat, selain untuk lebih memeriahkan himah Maulid Nabi Muhammad SAW, bangunan ini juga akan menarik perhatian warga maupun pengunjung.

Dikatakan Ishak, sebelumnya Tolangga serupa pernah juga dibuat, namun tidak sebesar yang sekarang. Sedangkan dalam proses pembuataanya, waktu yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan bangunan ini selama kurang lebih tiga pekan lamanya, selain itu semua bahan-bahan yang digunakan berasal dari swadaya atau bantuan dari masyarakat.

” Dari awal masyarakat disini begitu antusian untuk memeriahkan perayaan Maulid Nabi Muhammad, dan bertekad untuk membangun menara kolombengi ini lebih besar dari tahun sebelumnya dan semua bahan-bahan yang dibutuhkan adalah murni dari masyarakat itu sendiri.” Ujar Ishak.

Sementara itu, sesuai tradisi yang ada, dimana setiap Tolangga pasti diisi dengan berbagai macam kue. Nah untuk tolangga yang satu ini, akan dihiasi dengan kue kolombengi sebanyak kurang lebih sepuluh ribu biji, dan juga kue-kue lainnya yang menjadi ciri khas daerah Gorontalo. Dengan demikian inilah Tolangga terbesar yang pernah ada di Gorontalo. (rvg/hargo) Sumber http://hargo.co.id