Proyeksi Anggaran SKPD 2017 Bergantung Kinerja

Sabtu, 13 Agustus 2016 jdih General 99 Views
Proyeksi Anggaran SKPD 2017 Bergantung Kinerja

LIMBOTO.- Besaran anggaran belanja SKPD pada tahun 2017 perolehannya akan sangat ditentukan oleh kinerja tahun ini. Sehingga demikian, maka porsi anggaran yang diberikan tahun sebelumnya tidak bakal menjadi bahan pertimbangan atau pun tidak menjamin naiknya perolehan anggaran ditahun depan.
"Soal anggaran kita jangan melihat tahun sebelumnya, boleh saja tahun depan ada SKPD yang turun", ujar Bupati Nelson ditengah agenda bedah renstra (rencana strategi) SKPD yang berlangsung di Badan Ketahanan Pangan, Rabu (8/6). Kegiatan serupa kemudian berlanjut di Badan Lingkungan Hidup yang juga dipimpin langsung Bupati Gorontalo.
Penentuan besaran anggaran SKPD dilingkungan Pemda Kabupaten Gorontalo tersebut nampaknya akan lebih menekankan pelaksanaan efisiensi, termasuk efisiensi dalam hal pembiayaan. Makanya Bupati Nelson pun menekankan jika porsi setiap instasi akan diukur berdasarkan kepentingan serta proyeksi yang akan dilakukan.
Menyinggung perimbangan anggaran dan output program yang dihasilkan, Bupati menegaskan, SKPD harus menyelaraskan diri dengan konsep Quardo Helix yakni model pendekatan pembangunan Nafas Cita yang melibatkan sektor bussines, perguruan tinggi, civil society serta government untuk mengoroyok pembangunan daerah. Kerja sama empat elemen ini dijelaskan, dapat memberi ruang bagi satuan kerja dalam menghasilkan output yang maksimal dari implementasi program kerja.
Terhadap bedah renstra yang dilakukan bergilir disetiap SKPD itu, Bupati Nelson meminta BAPPPPEDA Kabupaten Gorontalo untuk meramu dan memasukkan item-item penting kedalam dokumen RPJMD yang harus didasarkan pada ketentuan perundangan yang berlaku, sehingga kedepan output pembangunan daerah akan lebih terukur dan maksimal menjamin kebutuhan masyarakat. (zul)