Capaian PAD Kunci Penuhi Kebutuhan Rakyat

Sabtu, 13 Agustus 2016 jdih General 110 Views
Capaian PAD Kunci Penuhi Kebutuhan Rakyat

LIMBOTO.- Bupati Nelson Pomalingo inginkan implementasi rencana strategi (renstra) pada satuan kerja dilingkungan Pemda Kabupaten Gorontalo benar-benar berorientasi pada hasil untuk kurun waktu pembangunan daerah lima tahun kedepan. Karenanya Renstra disetiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pun dibedah bersama dan diarahkan dengan memperhitungkan potensi, peluang, dan kendala yang ada.

Seperti halnya, Kamis (9/6) kemarin, untuk kesekiankalinya orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo mengarahkan penyusunan rencana strategis SKPD. Kali ini bersama-sama jajaran dilingkungan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gorontalo. Menilik strategisnya peran setiap bidang yang ada dilingkungan dinas tersebut, rencana strategis pun diharapkan optimal menggali pendapatan asli daerah (PAD) sehingga bisa mendongkrak peningkatan kesejateraan masyarakat.

Maka untuk mendorong pencapaian PAD itu, Bupati Nelson mengatakan bahwa salah satu strategi membangun Kabupaten Gorontalo ialah meningkatkan PAD, demi kemandirian. Karenanya Bupati berharap kepada setiap SKPD yang memiliki potensi perlu untuk meningkatkan pendapatan dengan memperhatikan obyek PAD-nya. "Dengan catatan, PAD dari yang punya pendapatan. Nah, yang tidak punya pendapatan kalau perlu kita dorong hingga punya kekuatan ekonomi yang baik", tutur Bupati.

Disisi lain, meningkatnya pencapain menjadi ukuran keberhasilan pembangunan daerah disetiap tahunnya. Dengan naiknya PAD, maka peluang pemerintah menjawab kebutuhan masyarakat akan mudah dilaksanakan.

Hadir dalam bedah Renstra Dinkop, Kamis tersebut, Sekretaris Daerah Gorontalo, Kepala BAPPPPEDA Kabupaten Gorontalo, Staf Ahli Bupati Bidang Kesra serta Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan. Pelaksanaan bedah renstra diawali penyampaian oleh Kadis Dinkop UMKM Cokro Katili yang memaparkan potensi sumberdaya dilingkup dinas tersebut, serta pemaparan tentang capaian atau kinerja ditahun berjalan. (zul/humas)